Cara Memandikan Kucing yang Baik

Hasil gambar untuk how to wash cat


Mandi termasuk aktivitas yang wajib dilakukan bagi kucing untuk menjaga badan terhindar dari penyakit dan kuman. Sama halnya seperti manusia kucing juga perlu untuk membersihkan dirinya. Selain itu mandi juga dapat menjaga keindahan dari bulu kucing yang kita pelihara, tentunya dengan cara yang benar.

Pada dasarnya kucing membersihkan diri dengan cara menjnilat tubuhnya sendiri. Namun hal itu tidak cukup untuk bisa membersihkan kucing dari bakteri, jamur, dan juga kutu.

Disini kita akan bagikan cara yang tepat dan mudah untuk memandikan kucing.
Sebelumnya bisa di siapkan untuk perlengkapan mandi kucing :

1. Ember berisi air hangat
2. Sampo kucing, jangan sampo manusia.
3. Bedak khusus kucing
4. Sisir
5. Blower atau Hair dryer (bisa disesuaikan kondisi kucing)
6. Handuk (boleh juga menggunakan kanebo yang bersih)
7. Cottonbuds

Langkah-langkah Memandikan Kucing

1. Basahi Semua Tubuh dan bulu Kucing
   Hasil gambar untuk how to wash cat

Basahi semua tubuh kucing menggunakan air hangat yang sudah di sediakan secara merata dari kepala sampapi ekor. Jangan sampai air tersebut masuk ke telinga

2. Gunakan Shampo Kucing

Setalah tubuh dan bulu kucing sudah di basahi secara merata menggukan air hangat. Gunakan shampo kucing yang sudah tersedia secara merata keseluruh bagian tubuh. Tetapi jangan sampai bagian mata, hidung dan telinga terkena shampo.
Bisa juga sembari dishampo, kucing bisa sedikit dipijat supaya shampo meresap dan kucing merasa nyaman.

3. Bilas Kucing

Setelah shampo rata, lakukan pembilasan secara merata pastikan tidak ada shampo yang tersisa agar kotoran yang ada dibulu kucing ikut terbawa oleh busa shampo.

4. Keringkan kucing

Gambar terkait

Keirngakn kucing dengan handuk secara merasa, lakukan sedikit pemijatan daat pengeringan sangat dianjurkan. Lakukan hingga bulu kucing kering. Selain menggunakan handuk bisa juga menggunakan hairdyer atau blower untuk mengeringkan kucing lebih cepat.

5. Bersihkan telinga kucing

Setelah kucing kering dan bersih jangan lupa untuk membersihkakn telingan kucing. Hal ini bisa di lakukan dengan menggunakan cotton buds dan di tambahkan sedikit baby oil, baby oil ini di gunakan untuk memudahkan membantu mengangkat kotoran pada telinga kucing. Bersihkan secara perlahan.

6. Waktu yang pas untuk memandikan kucing

Sebenarnya tidak ada hitungan waktu yang tepat untuk memandikan. Tapi alangkah lebih baiknya memandikan kucing dilakukan secara teratur seminggu sekali atau maksimal 2 minggu sekali untuk menjaga kebersihan kucing dan terhindar dari penyakit dan bakteri.

Menjaga kebersihan dan kesehatan kucing harus di lakukan secara rutin, penuh dengan kesabaran dan ketelatenan agar kucing tetap sehat dan lincah.

0 Response to "Cara Memandikan Kucing yang Baik"

Post a Comment