Cara mengatasi bulu rontok pada kucing

Cara mengatasi bulu rontok pada kucing


Hasil gambar untuk cara mengatasi bulu rontok pada kucing

Nah kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi bulu rontok pada kucing. Pada dasarnya bulu kucing yang rontok ada beberapa penyebabnya, bisa di karenakan memang sudah waktunya rontok, terkena jamur, kutu atau penyakit kulit lainnya.

Jika hal ini terjadi jangan panik, bulu kucing yang rontok sebanyak apapun tetap bisa di tumbuhkan kembali dengan perawatan dan tindakan yang benar dan tepat. Pertama kenali apa penyebab bulu kucing anda rontok, jika sudah mengetahui penyebabnya baru tentukan cara penanganannya.

Disini saya akan membagikan beberapa trik atau cara untuk merawat bulu yang rontok pada kucing.

1. Rawat seperti biasa.

Yang dimaksut adalah rawat kucing anda secara biasa ini untuk kondisi dimana bulu kucing memang sudah waktunya untuk rontok. Contohnya saat kucing birahi atau hamil atau setelah melahirkan. Dalam kondisi tersebut kucing tidak akan bisa terhindar dari kerontokan bulu, jadi saya sarankan bisa dilakukan perawatan seperti biasa.

2. Hindarkan dari kondisi stress

Buat kondisi kucing anda senyaman mungkin baik diluar kandang atau waktu di dalam kandang. Ini membantu kucing untuk bisa sesegera mungkin mengembalikan kondisi bulunya seperti semula. Caranya bisa dengan ajak bermain kucing anda atau bisa juga di berikan mainan kucing anda agar tidak merasa stress atau bosan.

3. Grooming secara rutin

Lakukan hal tersebut secara rutin seperti memandikan kucing yang bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa bulu yang rontok dibadan agar di ganti dengan bulu yang baru. 

4. Menyisir Bulu Kucing

Sisirlah setiap pagi bulu kucing anda agar membantu kucing untuk menghilangkan bulu yg sudah mati dan menghindarkan dari bulu yang kotor atau gimbal. Akan lebih bagus saat menyisir bulu kucing dilakukan dengan menjemur kucing di pagi hari. Hal inipun nantinya bisa menghilangkan kutu atau tungau jika di lakkan secara rutin.

5. Berikan Vitamin Minyak Ikan

Minyak ikan bisa membantu untuk merawat bulu kucing anda agar lebih bagus dan sehat. Caranya sangat mudah, bisa dilakukan dengan mencampurkan minyak ikakn kedalam makanan yang setiap hari dimakan kucing hal ini lebih mudah untuk vitamin lebih mudah dikonsumsi oleh kucing. Untuk minyak ikan sendiri bisa didapatkan di petshop terdekat.


Itulah sedikit tips untuk menrawat bulu kucing anda dengan mudah agar bisa membuat kucing anda mempunyai bulu yang halus, indah, dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk merawat bulu kucing anda.

0 Response to "Cara mengatasi bulu rontok pada kucing"

Post a Comment